Berlibur dengan Cara yang Berbeda

“Menemukan Makna dari Liburan dengan Melakukan Beragam Aktivitas yang Berbeda”

Liburan atau hari libur adalah masa dimana orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia sekolah. Liburan biasanya identik dengan bepergian ke suatu tempat bahkan pergi ke luar negeri. Didukung dengan banyaknya kemudahan untuk berwisata ke dalam maupun ke luar negeri,orangtua menjadi lebih mudah untuk menyenangkan anak-anak melalui aktivitasjalan-jalan dan belanja sesuai keinginan anak.

Mindset atau pikiran yang terbentuk mengenai liburan adalah pergi ke tempat yang jauh dari rutinitas sehari-hari, padahal liburan pada dasarnya adalah melakukan aktivitas yang berbeda dari rutinitas biasanya. Pernahkah Anda sebagai orangtua terpikir untuk mengajak anak-anak berlibur dengan mencoba hal baru yang berbeda dari aktivitas keseharian?

Pergi ke mall, pusat perbelanjaan, objek wisata di dalam maupun luar negeri, sudah biasa dilakukan sebagai tujuan di hari libur. Namun jika semua tempat sudah dikunjungi, mengapa tidak mencoba melakukan aktivitas yang berbeda, unik dan bermakna di saat berlibur ?

Jika semua tempat sudah dikunjungi, mengapa tidak mencoba melakukan aktivitas yang berbeda, unik dan bermakna di saat berlibur?

Berikut ini adalah alternatif aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan bersama anak :

Berlibur dengan Cara yang Berbeda
Sumber: repulubika.co.id
  1. Mencoba Transportasi Umum.
    Selama ini Anda memberikan fasilitas kepada anak-anak dengan transportasi pribadi. Saat liburan, Anda bisa mengajaknya untuk menggunakan transportasi umum. Misalnya, naik bis kota seperti bis Trans Jakarta salah satunya. Menggunakan kereta lokal seperti Commuterline
    yang menghubungkan antar wilayah. Disitu mereka akan belajar dengan melihat aktivitas apa saja yang harus dilakukan sebelum naik transportasi umum. Misalnya, membeli tiket, menunggu bis atau kereta datang, memperhatikan arah dan tujuan yang diinginkan sehingga tidak salah arah.
    Di samping menambah wawasan, kegiatan ini juga melatih mereka untuk berbagi dan memperhatikan kepentingan orang lain. Misalnya, ketika harus mengantri tiket, mau menunggu giliran untuk masuk ke dalam bis atau kereta, mendahulukan lansia (lanjut usia).
    Selain mengajarkan berbagi kepada orang lain, secara tidak langsung anda mengajarkan berbagai alternatif atau referensi untuk pergi ke suatu tempat jika transportasi pribadi yang biasa ia gunakan sedang tidak ada. Misalnya, sedang di bengkel, sopir tidak masuk, atau tidak ada yang mengantar.
    Dengan memperkenalkan transportasi umum, Anda akan membentuk kemandiriannya sehingga saat ia beranjak dewasa dan jauh dari Anda, ia tidak tergantung pada orang lain untuk mengantarkannya pergi ke suatu tempat.
  1. Berwisata ke Tempat yang Unik
    Sambil mengajaknya mencoba transportasi umum, Anda bisa sekaligus mengajaknya untuk pergi ke tempat unik yang sebelumnya jarang dikunjungi, misalnya :
  •  Museum atau tempat bersejarah yang lain. Banyak anak saat ini tidak mengetahui betapa kayanya budaya bangsa Indonesia, karena orangtua tidak pernah memperkenalkannya. Anda bisa mengajaknya ke museum, kota tua yang bersejarah, candi ataupun tempat bersejarah lainnya untuk melihat kebudayaan bangsa Indonesia. Selain memperkenalkan ragam budaya bangsa Indonesia, anda pun bisa mengajaknya mengenal sejarah bangsa Indonesia sehingga anak-anaktidak hanya mengenal sejarah bangsa Indonesia di buku yang mereka pelajari di sekolah saja.
  • Monumen Perjuangan. Dengan mengajaknya mengunjungi monumen perjuangan, anda bisa memotivasi anak-anak untuk terus bersemangat dan tidak mudah putus asa meraih cita-citanya seperti para Pahlawan yang ada di monumen tersebut.
  • Planetarium, Taman Pintar. Selain mengunjungi museum, anda pun bisa mengajaknya untuk pergi ke tempat yang bisa menambah pengetahuan di bidang science. Dengan begitu, anak-anak bisa melihat langsung apa yang mereka pelajari di buku science yang diberikan di sekolah.
Berlibur dengan Cara yang Berbeda
Sumber: kompas.com
  1. Camping atau Berkemah di Alam Terbuka
    Mengunjungi alam terbuka dan bermalam di sebuah “villa” atau penginapan itu sudah umum dilakukan. Namun mengajak mereka untuk membuat tenda atau berkemah di alam terbuka mungkin jarang dilakukan. Anda bisa mengajak anak untuk berkemah di alam terbuka. Dengan berkemah, anda bisa mengajak anak-anak untuk mensyukuri nikmat Tuhan, seperti bisa tidur di tempat tidur yang nyaman, makan dengan fasilitas yang cukup, memiliki tempat tinggal dan tidak kedinginan.Banyak anak-anak di luar sana yang tidak seberuntung mereka sehingga ia bisa menjadi anak yang rendah hati.
    Di samping mengajari mensyukuri nikmat Tuhan, melatih ketahanan dan ketangguhan mereka untuk hidup dengan fasilitas yang terbatas tidak seperti biasanya. Diharapkan nantinya ketika menghadapi kesulitan, ia cukup ulet dalam mencari jalan keluarnya dan tidak mudah putus asa.
  1. Membersihkan Rumah Bersama
    Sisa liburan tinggal sedikit, aktivitas apa yang bisa dilakukan untuk mengisi sisa liburan ? Membersihkan rumah bersama anggota keluarga yang lain bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan anda bersama dengan anak-anak. Jika selama ini mereka tidak diberikan tanggungjawab untuk membersihkan rumah sekarang saatnya mengajarkan tanggungjawab pada anak untuk merawat dan memelihara lingkungan rumahnya.
    Untuk mengajarkannya, bisa dimulai dari anak membersihkan kamar tidurnya sendiri dan semua barang yang ada di dalamnya. Dengan membersihkan kamarnya sendiri, akan timbul rasa memiliki barang yang ada di kamarnya sehingga ia termotivasi untuk merawat semua barangnya sendiri. Di samping itu, ia juga akan merasa puas ketika bisa membersihkan kamarnya sendiri sehingga ia pun juga termotivasi untuk menjaga kebersihan kamarnya karena ada rasa “sayang” ketika kamar tersebut kotor.
    Tidak hanya sebatas dari kamar yang ia bersihkan, karena ia tahu bagaimana rasanya membersihkan kamar, ia pun akan berusaha menghargai orang lain yang membersihkan ruangan yang lain sehingga ia pun turut menjaga dan memelihara kebersihannya.

Sisa liburan tinggal sedikit, aktivitas apa yang bisa dilakukan untuk mengisi sisa liburan ?

Dengan berbagai aktivitas tersebut, anda pun bisa memperkenalkan nilai-nilai yang bermakna kepada anak. Jadi tidak sekedar melakukan aktivitas yang berbeda, pengetahuan dan wawasan anak-anak pun makin bertambah.

Jadi, Selamat menentukan pilihan untuk liburan yang bermakna bersama anak anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − three =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia