Budaya Menabung Sejak Dini

Budaya Menabung Sejak Dini
Sumber: kompas.com

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan di celengan, di bank, atau dalam bentuk lain. Mungkin sebagian besar dari anda berpikir tidak perlu mengajarkan menabung pada anak karena masih terlalu dini.

Tetapi tahukah anda keuntungan mengajak anak menabung sejak dini akan membawa dampak nantinya ketika mereka sudah menerima tanggungjawab untuk mengelola uangnya sendiri. Berikut beberapa keuntungan ketika anda mengajarkan menabung kepada anak sejak dini :

  1. Memberikan pembelajaran mengenai fungsi uang. Dengan anda mengajaknya menabung, secara tidak langsung anda memberikan pemahaman kepada mereka bahwa fungsi uang tidak hanya dibelanjakan untuk memenuhi keinginannya tetapi juga bisa untuk disimpan yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi keinginan yang lebih besar yang belum bisa dipenuhinya sekarang.
    Berikan pemahaman kepada mereka, jika mereka menginginkan sesuatu tetapi anda sebagai orangtua belum bisa memenuhinya sekarang karena uang anda digunakan untuk membayar biaya yang lain, mereka dapat menggunakan uang yang disimpannya untuk membeli sesuatu yang diinginkan.
  1. Mengajak mereka belajar membedakan “apa yang ia inginkan” dan “apa yang ia butuhkan” sehingga mereka paham kapan harus mengeluarkan uang untuk dibelanjakan. Kebanyakan anak gagal mengelola uangnya karena mereka membelanjakan semua uang yang diberikan orangtuanya untuk memenuhi semua keinginannya.
  1. Menghargai sesuatu yang dimiliki. Dengan usaha menabung yang dijalaninya, artinya seorang anak berusaha menyimpan uangnya dan rela tidak membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang sangat ia senangi dan yang dibutuhkan.
    Ketika nantinya mereka bisa mendapatkan sesuatu yang ia sangat ia senangi, ia pun akan berusaha menjaganya dengan baik karena untuk mendapatkannya ia harus berusaha keras memyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Berbeda ketika ia mendapatkan sesuatu yang ia inginkan dengan mudah yaitu anda langsung memberikannya karena mereka akan beranggapan ada anda sebagai orangtua yang bisa menggantikan barangnya ketika rusak.

Budaya Menabung Sejak Dini

Dengan keuntungan yang diperoleh dari menabung, tentunya anda sebagai orangtua pun ingin dapat mengajak anak untuk bisa menabung sejak dini sehingga nantinya ia bisa memperlakukan uang dengan bijaksana. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memulai mengajaknya menabung :

  1. Membuat Celengan Sendiri.  Sambil mengasah dan meningkatkan kreativitasnya, ajak mereka untuk membuat celengan sederhana sendiri dengan bahan yang sudah disiapkan. Berkreasilah bersamanya sambil membangun kedekatan dengannya.
Budaya Menabung Sejak Dini
Sumber: vitarlenology.net
  1. Melibatkan dan Mengajak ke Bank. Jika anda ingin mengajarkan mereka untuk menyimpan uangnya di Bank, ajak mereka untuk pergi ke Bank sambil mengajari mereka bagaimana cara menabung di Bank yang benar. Anda sebagai orangtua bisa menjelaskan tahapan yang harus dilakukan sampai ia nantinya mendapatkan buku tabungan. Misalnya, counter atau loket mana saja yang harus mereka datangi, form atau lembar apa saja yang harus diisi, fungsi atau tujuan mengisi form, bentuk buku tabungan, apa saja yang tertulis di buku tabungan, dll. Dengan begitu pengetahuan yang mereka miliki pun otomatis bertambah. Di samping itu dapat menarik minat mereka untuk datang ke Bank karena sudah memahami apa yang harus di lakukan dan hal tersebut menjadi pengalaman baru untuk mereka.
  1. Memotivasi untuk Meningkatkan Jumlah Tabungannya. Berikan dia dukungan untuk selalu meningkatkan jumlah uang yang harus diabungnya. Berikan pemahaman kepada mereka, jika mereka semakin banyak menabung, mereka akan semakin cepat untuk mendapatkan barang atau sesuatu ia senangi. Dengan begitu, anak pun akan berusaha untuk meningkatkan jumlah yang akan disimpannya.

Jadi, siap menikmati pengalaman anda untuk menabung bersama anak-anak anda?

Satu tanggapan untuk “Budaya Menabung Sejak Dini

  • 08/03/2017 pada 6:59 pm
    Permalink

    Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is excellent, as well as the content! kacbfedddddddeea

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + five =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia