Cara Praktis Atasi Depresi Melalui Aktivitas Fisik

konsultasi online

Dunia modern menuntut individu untuk cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi baru yang terkadang tidak sesuai dengan harapan dan kemauan.  Namun tidak semua individu memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Kesulitan adaptasi dapat memunculkan gejala stres hingga depresi. Salah satu Cara Praktis Atasi Depresi Melalui Aktivitas Fisik.

Cara Praktis Atasi Depresi Melalui Aktivitas FisikDepresi dapat berisiko pada semua golongan umur, terutama golongan usia muda yang memiliki tuntutan tinggi, baik dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Mereka menjadi mudah tersulut emosi, sedih, marah, dan pada akhirnya merasa tidak berdaya. Nafsu makan hilang dan merasa hidup tidak ada artinya. Individu dengan depresi biasanya tampak murung dan kurang bersemangat. Ia cenderung berdiam diri dan jarang melakukan aktivitas fisik sehingga masalah yang ia hadapi tidak segera terselesaikan.

Untuk mengatasi depresi tersebut, sebuah studi yang dikemukakan oleh Institute Kesehatan Anak UCL, menyebutkan bahwa aktivtas fisik seperti olahraga yang dilakukan tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko depresi hingga 16%.

Oleh karenanya, rencanakan aktivitas fisik dalam seminggu untuk meningkatkan kesehatan mental maupun fisik. Berikut beberapa Cara Praktis Atasi Depresi Melalui Aktivitas Fisik:

  1. Olahraga ringan,

Menurut Dr. Pinto Periera,  olahraga memiliki peran penting falam kesehatan mental, maka dari itu agendakan olahraga ringan secara rutin. Berjalan-jalan santai keliling kompleks rumah dapat menjadi pilihan jika kesibukan sangat padat.

  1. Berkebun,

Aktivitas berkebun memberikan kita semangat tambahan. Selain membantu kita berkeringat, hasil berkebun dapat menjadi makanan sehat yang bisa dikonsumsi. Menanam sayuran dan buah dalam pot-pot kecil bisa melatih kita untuk sabar dan bersyukur.

  1. Mengikuti kegiatan sosial,

Kegiatan sosial dapat dilakukan di lingkungan tempat tinggal maupun pekerjaan. Sebagai contoh, Anda bisa mendatangi sekolah komunitas dan berbagi bersama, berbagi nyanyian, ucapan pujian atau Anda bisa mengajarkan suatu kreasi tertentu. Kegiatan ini akan meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi kita, sehingga otak punya nutrisi untuk bekerja.

  1. Membersihkan dan  redekorasi rumah,

Seperti olahraga, aktivtas redekorasi dan membersihkan rumah membuat kita aktif bergerak dan berkeringat. Anda bisa melampiaskan suasana hati Anda dengan menata rumah sesuai keinginan. Penataan rumah yang seringkali berubah dapat pula melatih otak Anda karena gerakan rutinitas Anda secara otomatis berubah pula.

Jika aktivitas tersebut rutin dilakukan dan mengagendakan aktivitas mingguan tambahan, maka risiko depresi akan semakin berkurang lebih banya. Aktivitas fisik ternyata memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatan mental maupun fisik sehingga yakinlah bahwa beraktivitas dan bergerak membantu kita tetap sehat, baik mental maupun fisik.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × five =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia