Day Care, Alternatif Pengasuhan Anak

Arus balik mudik sudah mulai berakhir. Aktivitas sudah kembali normal setelah beramai-ramai kita semua merayakan hari lebaran di kampung halaman tercinta. Pekerjaan sudah kembali menunggu, anak-anak sudah mulai kembali ke sekolah, dan kegiatan rumah tangga pun mulai berjalan seperti sedia kala. Akan tetapi, adakah asisten rumah tangga terlebih pengasuh anak yang tidak kembali bekerja?

Diantara sekian orangtua bekerja, mungkin ada beberapa diantaranya sedang mengalami kerepotan luar biasa karena tidak kembalinya pengasuh anak. Ayah dan bunda mulai masuk kantor, tetapi tidak ada yang merawat dan mengasuh anak seperti sedianya.

Jasa pengasuh anak belakangan ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi keluarga bekerja. Orangtua tidak bisa merawat sendiri anaknya karena tuntutan pekerjaan. Kebanyakan dari keluarga ini memilih menggunakan pengasuh anak agar ada yang merawat dan mengawasi anak selama ditinggal bekerja.

Dalam banyak kesempatan, pengasuh anak memang sangat membantu orangtua yang keduanya bekerja. Mereka siap sedia merawat anak dari pagi hingga malam yang terkadang malah melebihi waktu yang dimiliki orangtuanya. Mereka menyiapkan segala keperluan anak sebagai bentuk profesionalitas mereka dalam bekerja.

Orangtua tentu sangat terbantu dengan adanya pengasuh anak, namun terkadang orangtua menjadi kurang peka terhadap kebutuhan anak-anak mereka. Hingga pada saat si pengasuh tidak kembali bekerja setelah mudik ke kampung halaman, banyak orangtua yang kebingungan bagaimana mengasuh anaknya sendiri. Dilema pasti bagi orangtua yang mengalami kondisi tersebut. mereka harus berangkat bekerja namun belum ada yang dipercaya mengasuh anak.

Pada dasarnya, anak memiliki kemampuan adaptasi yang sangat bagus sesuai masanya. Orangtua tidak perlu kawatir jika di awal-awal anak sering merengek meminta pengasuhnya kembali. Kesabaran orangtua diperlukan untuk memahami kondisi ini, hingga anak bisa beradaptasi terhadap pola kesehariannya yang baru tanpa pengasuh.

Mencari pengasuh anak bisa dibilang gampang-gampang susah karena banyak faktor yang dipertimbangkan. Akan tetapi, jika memang kesulitan mencari pengasuh baru, maka tidak ada salahnya orangtua meluangkan waktu untuk melakukan survey layanan tempat penitipan anak (day care) di sekitar rumah atau kantor.

Day care menjadi salah satu alternatif bagi orangtua bekerja yang tidak memiliki pengasuh. Day care biasanya dirancang sesuai usia dan kebutuhan anak, sehingga orangtua tinggal memilih day care yang cocok. Jika anak berada di day care, salah satu kelebihannya adalah mereka mendapatkan teman bermain yang seusia sehingga dapat melatih kemampuan sosial dan adaptasi anak. Dengan kemampuan adapatasi yang diasah di day care, anak akan terlatih untuk memiliki kepercayaan diri yang baik.

Seperti dua mata uang, ada positif tentu ada negatif, demikian pula efek day care bagi anak. berkumpul bersama banyak teman tentu membawa pengaruh bagi anak, jika kurang hati-hati anak yang berada di day care dapat mendapat pengaruh negatif dari teman sebayanya, semisal berkata kurang sopan dan bermain dengan kekerasan. Untuk mengantisipasi pengaruh negatif tersebut, maka sangat diperlukan keterlibatan orangtua dalam mengawal perkembangan anak.

Pilihlah day care yang berlokasi dekat dengan kantor atau rumah, menawarkan program dan fasilitas yang merangsang perkembangan anak, serta memiliki keterbukaaan komunikasi dengan orangtua. Karena bagaimanapun juga, day care hanya berfungsi membantu meringankan tugas orangtua mengasuh anak. Kewajiban utama dalam mengasuh anak tetap berada di tangan orangtua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia