Apakah saya punya gangguan jiwa?

syania asked 4 bulan ago

udah hampir beberapa tahun semenjak saya pernah coba untuk bunuh diri pas kelas 3 sd karna masalah bullying dan masalah dlm keluarga. saya baru ngeberaniin diri untuk ikut tes online apakah saya depresi / mengidap gangguan mental lainnya sekarang” ini, karna saya bener” udah pissed off sama diri saya yang begini, dulu saya kira saya bakal fine” aja selama saya enjoy dgn hidup, pada nyatanya saya ngerasa lebih worse than the past.
saya selalu ngerasa capek walau belum ngelakuin apa-apa: rasanya kayak ada beban tapi saya gak tau apa, saya gabisa fokus, saya selalu ngerasa down setiap saat, saya selalu narik diri dari lingkungan/ temen/ keluarga: saya merasa kalo ga ada saya mereka fine” aja dan saya juga merasa fine karna saya gak bakal buat masalah/ jd beban utk mereka & saya juga ga suka dikeramaian krn saya gasuka ketika ada org ngeliatin/ ngelirik saya atau bisik” didepan saya (pikiran saya suka bertengkar sm saya karna hal itu, dan saya suka tb” keringetan dan panik sendiri kalo hal itu terjadi), saya selalu pengen nangis tp g bisa nangis: saya begini sejak kelas 1 smp, saya selalu ngerasa pusing yg menurut saya ga normal dan kdg saya ngedenger suara bising yg bener-bener ngeganggu(which make me sick n tired), saya juga makin sensitif: misalnya org bilang “bahagia dan enjoy aja sm hidup krn manusia pasti punya masalah,” mungkin niat mereka baik tapi bagi saya itu kyk ledekkan karna saya gabisa bahagia dan enjoy sm ‘hidup’ walau saya udh coba jg, sampe akhirnya saya udh nyerah skrng, saya juga susah tdr tapi kalo tdr cepet bangunnya pasti pas masih gelap dan ga bisa tdr lg: co; saya tdr jam 3/4 pagi bangun jam 5 (jd saya cuma tdr 1-2 jam) // saya tidur jam 9 saya bangun jam 1/2 trs saya gbisa tdr dan saya mulai down and frustrated, dan baru” ini selera makan saya berubah-ubah: tdnya bener” over skrng saya g ada selera.
saya bener-bener malu sama diri saya untuk ngomong ini, hampir 2-5 kali dalam sehari saya ngerencanain untuk bunuh diri tapi saya cuma bisa self-harm dan menahan diri saya yg bkn saya kontrol. hampir setiap saat, saya selalu doa dan berharap sama Tuhan untuk mudahin masalah saya. cuma mungkin Tuhan berkehendak lain. Saya suka berharap kalo saya mati, mati nya saya karna musibah yg gak sengaja. 
Walau saya udh ngikutin tes online ttg gangguan jiwa, saya masih belum berani ngediagnosis saya dgn gangguan tersebut, tp mungkin dgn cerita kayak gini bisa ketauan saya “kemungkinan” memiliki gangguan jiwa atau tdk dan apa namanya..