Depresi

Putri ditanya 4 bulan yang lalu

Selamat siang. Jadi begini, sekarang saya merasa sangat depresi. Yang pertama karena saya merasa menyesal dengan keputusan yang saya ambil dan yang kedua karena saya dibully. Sekarang saya sedang kuliah dan sudah mau memasuki semester 6. Saya kuliah di jurusan yang benar-benar tidak cocok dengan diri saya. Dan saya sadar, memang dari awal itu kesalahan saya karena salah memilih jurusan itu. Dan tidak nurut dengan pilihan ortu. Sekarang saya sangat menyesal dan membuat saya sangat tidak betah. Jika saya memilih untuk keluar kuliah, saya rasa sudah telat karena sekarang saya sudah semester akhir dan saya tidak ingin ortu saya kecewa. Saya ingin bertanggung jawab dengan keputusan yg saya ambil, tapi saya merasa sudah tidak kuat. Hidup saya tidak punya arah lagi, tidak bersemangat, dan sudah merasa tidak ada harapan. Ketidakbetahan saya saat kuliah ditambah dengan teman-teman yang membully saya. Memang saya sadar, kalau tubuh saya memang gendut. Tapi apakah mereka harus mengejek saya seperti itu. Awal-awal saya anggap ejekan mereka itu cuma candaan saja dan saya tanggapi dengan bercanda juga. Tapi makin lama candaan itu makin jadi seperti bullyan bagi saya. Lama-lama ejekan itu makin bikin saya sakit hati dan membuat diri saya tidak percaya diri. Karena itu saya makin tidak betah untuk kuliah. Setiap pulang kuliah saya ingin langsung pulang ke kosan. Dan rasa sosialisasi saya menjadi berkurang. Saya memang termasuk orang yang tertutup tapi karena dibully saya menjadi makin tertutup dengan orang lain. Dan sekarang saya benar-benar benci dan tidak respect dengan teman-teman kuliah saya. Hal-hal itulah yang membuat saya stres sekarang. Saya sudah tidak punya rasa semangat lagi dan hampir tiap hari saya menangis karena saya sudah tidak tahan lagi. Jadi apa yang harus saya lakukan sekarang?Terimakasih..

1 Jawaban
Wara Rahmawati, M.Psi, Psi Staff dijawab 3 bulan yang lalu

Dear Putri,
Bagaimana kabarmu? Semoga dengan berbagi, bebanmu menjadi berkurang.
Berat rasanya menjalani kehidupan kuliah dan pertemanan yang tidak sesuai harapan, namun saya salut, Putri dapat menjalani kuliah yang sebentar lagi selesai. Berarti Putri sangat bertanggungjawab dengan pilihan yang sudah dibuat. Itu adalah modal yang sangat besar untuk menghadapi dunia luar.
Berkait dengan masalahmu, tantang dirimu untuk menjadi orang yang tangguh.
Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan kita mau melihat akar masalahnya dan mencabutnya hingga tak bersisa melalui kegiatan atau aktivitas yang berguna. Sebagai contoh, jika berat badan menjadi masalah, maka lihat akarnya, apa yang membuatmu mengalami masalah berat badan, dan cabut masalah tersebut dengan aktivitas yang berarti, seperti olahraga. Saya yakin karena Putri orang yang bertanggungjawab, pasti bisa mengatur diri untuk konsisten olahraga bila itu memang menjadi tujuanmu.
Atau Putri, dapat melakukan aktivitas fisik dalam tautan berikut untuk mengurangi kondisi tidak menyenangkan yang sedang dialami, Cara Praktis Atasi Depresi Melalui Aktivitas Fisik
Semoga membantu.