self injury

Gracia Rizka Pasfica asked 1 tahun ago

Selamat malam, saya gracia ingin bertanya apakah saya salah jika saya melukai diri saya sendiri tanpa sepengatahuan orang tua ? Tapi jika mereka tahu saya pasti akan dimarahi saya takut karena orang tua saya mempunyai sifat yang tegas dan keras. Tanpa saya sadari ternyata hal ini sudah saya lakukan sejak saya SMP. Jika saya tidak melakukan hal itu saya akan merasa sangat tersakiti. Lalu akhir akhir ini saya mencoba untuk berhenti namun yang ada itu membuat kepala saya sangat sakit. Tindakan apa yang harus saya lakukan ?  Terima kasih

1 Answers
Wara Rahmawati, M.Psi, Psi Staff answered 1 tahun ago

Hallo gracia,
Jika diibaratkan printer, perlu diketok-ketok dulu biar tinta bisa jalan. Ada perasaan lega ketika anda menyakiti diri sendiri sehingga anda mengulanginya agar bisa bekerja. Namun printer tersebut lama-lama akan rusak jika kita mengetoknya terus menerus, begitu juga dengan tubuh kita. Semakin lama, kondisi kita akan semakin tidak baik jika kita menyakitinya terus menerus walaupun ada perasaan lega.
Untuk itu, cobalah untuk menyayangi diri sendiri dengan membuat daftar untung rugi jika kita menyakiti diri sendiri. Apakah kerugian atau keuntungan kah yang lebih banyak? kemudian renungkanlah, apakah perilaku anda tersebut perlu dihentikan atau sebaliknya.
JIka membuat keputusan akan tindakan yang harus dilakukan sulit untuk dilakukan, maka akan lebih baik anda membicarakannya dengan orang lain untuk membantu anda membuat keputusan dan tindakan selanjutnya. Anda bisa bicara dengan teman dekat, orang tua, atau tenaga profesional seperti psikolog atau konselor.
Pertimbangkanlah baik buruknya, dan ambillah keputusan secra tepat untuk diri anda. Saya yakin anda mampu!