Konsultasi ke Psikolog Yuk!

Psikolog Ada Di Dekat Anda. Sahabat bagi Orangtua dan Buah hati [wc_fa icon=”heart” margin_left=”” margin_right=””][/wc_fa]

Ketika mendengar kata “psikolog” apa yang ada di pikiran anda?

  • “Orang yang datang ke psikolog adalah orang yang “sakit jiwa” atau “orang gila
  • “Orang yang datang ke psikolog adalah orang yang “mentalnya terganggu
  • “Orang yang datang ke psikolog adalah orang yang “aneh

Dan masih banyak anggapan lain ketika orang akan datang ke psikolog. Tapi taukah anda bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mari kita ulas siapa sebenarnya seorang psikolog.

Siapakah psikolog itu?

Psikologi berasal dari kata yunani “psyche” dan “logos”. “Psyche” adalah jiwa. “Logos” adalah ilmu. Jadi psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Menurut beberapa ahli seperti Wilhem Wundt, John Watson, Woodworth dan Marquis, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia serta pengalaman yang ada ada diri manusia.

Tingkah laku dan pengalaman itu meliputi karakter, sifat, perasaan, pikiran, dan sensasi dari panca indra manusia. Pengalaman tersebut didapatkan dari proses observasi atau pengamatan, interview atau wawancara dan pemeriksaan yang dilakukan oleh mereka yang ahli.

Orang-orang ahli yang mendalami psikologi inilah yang kemudian dapat disebut sebagai psikolog. Di Indonesia, sesorang akan disebut psikolog jika telah menempuh kuliah pascasarjana bidang psikologi dan mendapatkan SIPP (Surat Ijin Praktek Psikolog). Sehingga tidak semua lulusan psikologi adalah psikolog.

Tidak semua lulusan psikologi adalah psikolog.

Observasi dan Interview dapat dilakukan pada semua orang, tidak hanya dilakukan pada orang yang mengalami gangguan, orang yang mentalnya terganggu, orang yang aneh yang harus diamati atau orang yang secara kejiwaan abnormal.

Pemeriksaan Kesehatan = Pemeriksaan Psikologi

Pernahkah kamu melakukan Pemeriksaan kesehatan atau yang sering disebut Medical Check Up? Pada Medical Check Up, yang  dilakukan adalah pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita saat ini. Sehingga ketika ada masalah kesehatan, kita dapat segera mengetahui dan mengantisipasinya.

Begitu halnya dengan Pemeriksaan Psikologi, pemeriksaan ini dilakukan agar kita mengetahui tindakan yang harus dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan yang terkait dengan kondisi psikologi kita.

Melalui pemeriksaan psikologi, kita dapat mengetahui apa yang terjadi padi diri kita, baik pikiran dan perasaan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah kita mengetahui hal tersebut, kita dapat menyusun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Oleh karenanya, apakah untuk datang ke psikolog harus selalu mengalami suatu gangguan mental tertentu?

Seorang psikolog akan membantu kita memahami kondisi diri yang sejujurnya. Sebagai individu, kadang kita merasa stress, murung, mood swing, dan bahkan merasa seolah tidak berguna dan tertekan. Namun, kita tidak mampu move on, mecari solusi untuk permasalahan yang kita hadapi secara psikis.

Oleh karena itu, dengan adanya seorang Psikolog, ia dapat membantu untuk menggali dan mencari tahu akar masalah dan mendampingi kita untuk mencari penyelesaian masalah tersebut.

Psikolog untuk mendampingi tumbuh kembang anak

Psikolog keluarga
Sumber: beritasatu[.]com
Seiring dengan perkembangan jaman, kompleksitas permasalahan juga dihadapi oleh Orangtua dan anak. Beragam masalah muncul dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, seperti:

  1. Permasalahan hubungan dengan pasangan, contohnya :
    • Komunikasi suami dan istri
    • Mengelola konflik dan permasalahan dengan pasangan
  2. Permasalahan hubungan antara orangtua dengan anak, contohnya :
    • Menciptakan komunikasi yang positif dengan anak
    • Menjadi sahabat bagi anak
    • Mengelola konflik permasalahan dengan anak
    • Memberikan pola asuh yang tepat untuk anak
  3. Gangguan tingkah laku ada anak
  4. Kesulitan belajar ada anak, dsb;

Bagi sebagian orang, permasalahan diatas, mungkin, dianggap hanya sebagai permasalahan biasa, apalagi harus dikonsultasikan kepada Psikolog. Namun, jika masalah itu selalu muncul setiap kesempatan, apakah kita tidak akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman?

Bertemu dan berbincang dengan psikolog dalam dilakukan oleh siapa saja, tidak ada batasan apakah individu tersebut “normal” atau “abnormal”. Layaknya cermin, psikolog akan membantu anda mengenali permasalahan dan alternatif solusinya tanpa mengubah anda menjadi sosok orang lain.

Selamat berkenalan dengan Psikolog!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 − two =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia