Kota Layak Anak

Hari ini, 17 Desember 2014, jagaddhita.org mendapat kesempatan mengisi sosialisasi kota layak anak yg dicanangkan oleh pemerintah daerah DKI Jakarta di Kelurahan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada elemen-elemen masyarakat mengenai karakteristik anak dan bagaimana meningkatkan potensi kreatif yang sangat mungkin dimiliki oleh anak-anak di ligkungan sekitar.

Acara ini berisikan materi yang sangat menarik untuk diketahui dan dipahami. Ada tiga materi yg disampaikan oleh narasumber, termasuk salah satunya adalah narasumber dari psikolog jagaddhita.org, yaitu Kak Merida Chandra, M.Psi.

Materi pertama mengenai landasan hukum kota layak anak dan bagaimana menerapkannya dalam lingkungan masyarakat. Materi ini disampaikan oleh Bapak Cepi dari Forum Masyarakat Peduli Lingkungan yang ikut berpartisipasi dalam tumbuhnya kota layak anak di wilayah Duren Tiga. Narasumber selanjutnya adalah Ibu Endah yang merupakan komisaris penyiaran radio daerah Bangka Belitung. Beliau sangat peduli pada pengembangan karakter anak, terutama terkait topik membangun komunikasi yang kreatif pada anak.

Keduanya memberikan gambaran bagaimana menjadi anak yg aktif dan berprestasi. Menurut mereka, anak dan remaja jaman sekarang harus memiliki nilai lebih secara karakter maupun akademis agar berhasil menjadi anak berprestasi. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah memperbanyak kegiatan-kegiatan tambahan selain kegiatan akademis. Kegiatan yang dapat mengasah kemampuan dalam komunikasi dan bermasyarakat, seperti mengikuti kegiatan olahraga, seni, maupun lingkungan hidup. Kegiatan tersebut selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, dapat menjadi media mereka untuk melatih kepercayaan diri dan kemandirian yang akan sangat berguna dalam kehidupannya kelak, terlebih menghadapi era pasar bebas yang akan segera kita masuki.

IMG_3237

Menjadi anak yang aktif dan memiliki pribadi yang berkarakter adalah dambaan dan harapan kitta semua. Namun apabila anak-anak ini tidak mengenal siapa dirinya malah akan membawa mereka terbawa arus yang bisa berdampak negatif pada tugas-tugas perkembangan mereka selanjutnya. Oleh karenanya, jagaddhita.org melengkapi materi sosialisasi kali ini dengan tema mengenal diri sebagai anak yang akan segera beralih menjadi remaja.

jagaddhita.org melalui Kak Merida memberikan materi yang dapat membantu anak-anak mengenal diri sendiri, baik secara fisik maupun psikologis. Bagaimana perkembangan fisik yang berubah dari anak menjadi remaja, dilanjutkan dengan perkembangan sosial, emosi, dan psikis. Tidak hanya mengenalkan mereka mengenai apa dan bagaimana, kak Merida juga memberikan gambaran masalah-masalah remaja dan bagaimana cara menghadapinya.

Jagaddhita.org merasa senang dapat terlibat dalam acara ini. Materi yang disampaikan oleh narasumber telah dapat dengan lengkap mememberikan gambaran tentang anak, remaja, dan bagaimana membuat mereka berdaya guna dan bermanfaat bagi sesama.

Antusiasme para remaja dan orangtua pun sangat tinggi. Mereka berharap setelah mengikuti kegiatan ini berharap dapat memberikan perubahan yang lebih baik. Seperti salah satu remaja mengatakan setelah mengikuti kegiatan ini berusaha tidak terpengaruh teman-temannya, memilih teman yg membawa pengaruh baik, tidak mudah marah. Para orangtua pun terinspirasi untuk memperbaiki cara mendampingi anak remajanya sehingga mampu mengarahkan dengan lebih baik

Melalui kegiatan ini jagaddhita berharap anak-anak yang sudah mengenal dirinya dapat terus berkreasi dan memberikan kontribusi pada bangsa kita menjadi insan Indonesia yang berkarakter unggul. Semoga kegiatan seperti ini tidak hanya habis di ruang acara, tetapi ada tindak lanjut untuk terus menyempurnakan pelaksanaan dalam implementasi kota layak anak. Tidak hanya di kelurahan Duren Tiga, tetapi juga di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Salam ceria jagaddhita.org!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 12 =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia