Masa Emas Perkembangan Otak Anak

Masa emas perkembangan otak atau golden years adalah masa ketika otak mengalami pertumbuhan dan perkembangan mengagumkan. Pada masa ini, yang berlangsung sejak di dalam kandungan sampai berumur 3 tahun, sel-sel saraf otak balita berkembang sangat pesat. Nutrisi dan stimulasi yang diberikan pada masa ini akan berpengaruh besar pada kecerdasan, kreativitas dan perilaku anak.

Nutrisi sumber kesehatan dan kecerdasan

Dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinapsis antara sel-sel otak bayi dan balita.

Masa Emas Perkembangan Otak Anak

Gizi yang seimbang akan membuat anak mempunyai imunitas yang kuat, yang diperlukan untuk perkembangan otaknya selain itu gizi yang baik dan seimbang juga berperan dalam meningkatkan perkembangan intelegensi anak.

Secara umum untuk tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada masa emas diperlukan zat gizi makro dan zat mikro. Zat Gizi Makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dengan satuan gram, seperti Protein, Asam amino esensial, asam lemak omega 3 dan omega 6, Karbohidrat. Sedangkan zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit tapi ada dalam makanan seperti vitamin dan mineral.

Stimulasi untuk tumbuh kembang maksimal

Selain itu, stimulasi juga harus diberikan secara menyeluruh pada berbagai potensi anak, misalnya sistem penginderaan, meliputi: pendengaran, penglihatan, peraba, penciuman dan pengecapan. Stimulasi yang bervariasi, yang dilakukan setiap hari akan merangsang kecerdasan dan kreativitas balita lebih baik.

Berikan stimulasi melalui permainan dan dengan suasana yang menyenangkan, penuh kegembiraan dan kasih sayang, sehingga anak dapat menyerap informasi stimulasi tersebut secara maksimal. Berikan stimulasi sesuai dengan usia dan tahapan tumbuh kembang balita.

Masa emas perkembangan otak berlangsung sejak di dalam kandungan sampai berumur 3 tahun

Jangan ragu untuk selalu mencari informasi terbaik dari dokter ataupun psikolog mengenai tindakan terbaik untuk menemani tumbuh kembang anak. Anak yang sehat dan cerdas adalah anak dengan masa depan yang cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + four =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia