Memberdayakan Asisten Rumah Tangga

Kehadiran asisten rumah tangga pada jaman sekarang sudah menjadi kebutuhan. Orangtua yang bekerja rata-rata memiliki asisten rumah tangga atau yang biasa disebut ART untuk membantu memastikan urusan rumah beres selama mereka pergi bekerja. Rumah menjadi bersih, halaman rapi, dan ada yang menemani anak-anak bermain sepanjang jam kerja,

Ada pengharapan yang besar terhadap ART untuk mampu menjaga rumah dan seisinya dengan baik. Tidak sedikit, orangtua yang mengeluarkan dana relatif tinggi untuk mendapatkan ART yang mampu bekerja dengan jujur dan benar serta memiliki loyaltitas tinggi.

Akan tetapi, sering pula kita jumpai banyak orangtua mengeluhkan kinerja ART. Setelah mengeluarkan dana yang realtif besar, harapan mereka tidak dapat terpenuhi. Rumah masih berantakan, bekerja asal sesuka hati, dan terutama ketidakmampuan menjaga anak-anak.

Anak-anak menjadi susah makan. Ada anak-anak yang menjadi penakut. Kemampuan komunikasi anak menjadi kurang berkembang. Anak-anak kecanduan televisi atau gadget. Kesehatan dan kebersihan anak tidak terawat, dan bahkan ada yang sampai cidera karena kurangnya pengawasan.

Sebenarnya merawat anak adalah tugas pokok dan utama orangtua. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa orangtua membutuhkan kehadiran ART sebagai karena aktivitas yang padat. Ada pula yang membutuhkan ART karena orangtua dengan anak yang lebih dari satu merasa kerepotan apabila harus mengerjakan tugas rumah seorang diri tanpa ada bantuan ART.

Mau tidak mau, ART dibutuhkan di rumah.

Jika kita menyadari bahwa ART memang penting, maka hal penting yang harus dilakukan adalah menerima keberadaan mereka sesuai dengan kondisi yang sudah disepakati bersama. ART adalah bagian dari keluarga kita, sehingga kita perlu memperhatikan pendidikan dan pengetahuan mereka, terlebih bila ART tersebut akan berhubungan langsung dengan anak kita.

Anak yang pandai tentu berawal dari pengasuhan yang baik. Seseorang dapat memberikan pengasuhan yang baik apabila mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai. Oleh karenanya, berbagi informasi kepada ART tentang bagaimana cara mendidik anak sangatlah diperlukan. Orangtua dapat memberikan informasi dari pengalaman pribadi, artikel atau tontonan yang mendidik.

Memberdayakan Asisten Rumah Tangga

Bisa jadi ART akan lebih pandai karena informasi tersebut, tetapi juga sangat dimungkinkan ART kita tidak melakukan perubahan yang berarti. Namun, kita tidak perlu berkecil hati, adakan seleksi yang tepat sebelum menerimanya menjadi bagian dari keluarga kita. Berilah mereka informasi dengan hati yang tulus dan komunikasi yang efektif serta lakukan pengawasan yang memadai terhadap kinerjanya.

ART yang pandai akan memperlakukan anak-anak dengan lebih baik. Jika anak-anak terawat dengan baik ketika orangtua bekerja, maka secara tidak langsung dengan membantu ART untuk menjadi lebih pandai berarti telah meringankan beban kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 20 =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia