Membiasakan Anak Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah kebiasan kecil yang sangat berarti manfaatnya. Setiap hari kita akan memegang berbagai macam benda dimanapun kita berasa, baik di sekolah, di rumah, maupun di tempat umum lain. Benda-benda yang kita pegang atau sentuh tidak semuanya bersih, kebanyakan darinya mengandung debu atau kuman yang akan menempel di tangan.

Tangan yang memegang meja, memegang majalah, memegang mainan yang sudah tergeletak di lantai , atau bahkan bermain pasir adalah kewajaran bagi anak-anak, karena mereka adalah individu yang aktif. Banyak sekali kegiatan anak yang dilakukan dengan tangan, dan dari tangan ini jugalah media penyebaran penyakit ke dalam tubuh anak apabila  tidak ada kesadaran untuk mencuci tangan.

Dapatkah Anda bayangkan apabila anak selesai bermain di halaman kemudian langsung masuk ke rumah dan memegang makanan buatan ibunda, kira-kira apa yang akan terjadi?

Bisa jadi tidak terjadi apa-apa jika anak sudah mencuci tangan sebelumnya, namun apabila anak tidak mencuci tangan, bisa menjadi bahaya bagi kesehatan anak. Anak dapat terkena diare karena makanan yang masuk ke dalam tubuhnya sudah terkontaminasi telur-telur cacing atau bakteri jahat lainnya.

Diare bukanlah penyakit sepele, karena di dunia sudah banyak anak-anak yang meninggal karena penyakit ini. oleh karenanya, membiasakan anak untuk membersihkan tangan adalah hal yang hangat perlu untuk diajarkan.

Membiasakan Anak Mencuci Tangan

Kegiatan sederhana yang sangat multifungsi ini terkadang dilupakan oleh anak. Anak-anak asyik bermain dan makan tanpa menghiraukan kebersihan tangannya. Peran orangtua lah yang sangat diperlukan untuk mengarahkan anak agar mau mencuci tangan setelah beraktivitas. Kemauan tersebut harus berdasar pada pemahaman bukan pada ketakutan-ketakutan yang diciptakan oleh orangtua.

Poin utama agar anak mau mencuci tangan dengan sukarela adalah dengan menjadikan mencuci tangan sebagai kebiasaan. Kebiasaan terbentuk karena aktivitas yang diulang secara konsisten dalam situasi yang menyenangkan. Pengulangan aktivitas mencuci tangan apabila dilakukan secara terus menerus dapat menghasilkan perilaku mencuci tangan yang terkondisikan. Pengulangan perilaku tersebut akan lebih efektif apabila disertai dengan pemberian informasi dan diskusi yang aktif melibatkan anak.

Membiasakan Anak Mencuci Tangan

Orang tua dapat memberikan dorongan kepada anak untuk segera mencuci tangan apabila telah selesai beraktivitas. Awalnya, pembekalan mengenai informasi yang benar tentang akibat dari tangan yang tidak dibersihkan terhadap kesehatannya perlu diberikan kepada anak. Libatkan anak untuk berdiskusi mengenai topik tersebut dengan memberi banyak contoh yang gampang dimengerti olehnya.

Selain itu, anak-anak juga perlu diberi informasi untuk mencuci tangan secara benar, misalnya dengan menempelkan gambar-gambar lucu khas anak yang berisi kebiasaan mencuci tangan. Gambar tersebut akan lebih menarik apabila berasal dari karya sendiri. Anak akan merasa dilibatkan dalam membentuk kebiasaan ini, sehingga dorongan yang ada pada diri anak akan lebih besar untuk mencuci tangannya. Tempelkan karya-karya tersebut di atas tempat cuci tangan dan tentu ajak anak untuk selalu terlibat dalam setiap kegiatan.

Anak akan senang melakukan kegiatan yang melibatkan mereka. Apabila anak sudah mulai menunjukkan kemauan untuk mencuci tangan, apresiasi atas tindakan tersebut dibutuhkan agar kebiasaan anak semakin matang. Apresiasi tidak harus berupa penghargaan berupa hadiah, apresiasi dapat pula berupa ucapan lisan yang menunjukkan kebanggan orangtua kepadanya.

Proses yang diulang-ulang dalam kondisi yang menyenangkan, akan memunculkan kemauan untuk mengulang tindakan yang sama di lain waktu, seperti halnya mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan harus dibangun dari kemauan yang ditindaklanjuti dengan tindakan. Maka, bangunlah kebiasaan anak sedini mungkin agar kebiasaan tersebut menjadi pola perilaku yang menetap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 10 =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia