Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan

Dengan berjalannya waktu dan perkembangan di era modern ini, sering membuat kita sebagai individu untuk bersaing dengan menunjukkan prestasi sebanyak mungkin. Tidak terkecuali, anda dan pasangan, disadari atau tidak, berlomba-lomba untuk mengukir prestasi di bidang yang anda geluti masing-masing.

Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan untuk Meningkatkan Kekompakan Sebagai Orangtua

Setiap hari anda dan pasangan berusaha keras untuk belajar dan berprestasi. Menggali informasi sebanyak mungkin untuk menambah wawasan, sehingga kemampuan yang dimiliki pun semakin lengkap.  Selain mengejar prestasi, tuntutan ekonomi yang semakin tinggi menuntut untuk bersaing mendapatkan kesejahteraan yang baik sehingga dapat untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan
Sumber: flickr.com

Namun, anda dan pasangan harus menyadari bahwa ada peran lain dalam keluarga (sebagai suami, istri, ayah,ibu)  yang harus dijalankan selain mengukir prestasi di bidang yang digeluti, yaitu juga berprestasi  sebagai pasangan dan orangtua. Sehingga prestasi yang diukir dalam keluarga pun bisa berjalan beriringan.

Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan

Tentunya untuk menumbuhkan keseimbangan tersebut, anda dan pasangan perlu menciptakan “Quality time”. Quality Time disini adalah waktu yang diisi dengan kegiatan bermakna untuk meningkatkan kualitas sebuah hubungan. Kegiatan bermakna itu sendiri adalah kegiatan yang hanya dapat dilakukan di luar rutinitas sehari-hari. Seandainya anda dan pasangan sudah sering menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan seperti makan malam bersama, menonton film, berbelanja, berarti anda dan pasangan harus melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang sudah sering anda lakukan bersama. Meskipun anda sudah menikah, tidak ada salahnya melakukan kegiatan yang sering anda dan pasangan lakukan saat sebelum menikah.  Melalui kegiatan seperti itu, membantu anda untuk meningkatkan kualitas hubungan anda dengan melakukan kembali aktivitas yang menyenangkan seperti anda pertama kali bertemu dengannya. Berikut diantaranya kegiatan yang bisa anda lakukan untuk menciptakan “quality time” dengan pasangan :

  1. Berpetualang Bersama. Berpetualang disini tidak harus pergi ke luar negeri ataupun tempat mahal yang lain. Anda bisa menikmati bepergian ke tempat yang belum pernah anda kunjungi menggunakan transportasi yang belum pernah anda dan pasangan gunakan. Kalau selama ini anda dan pasangan sering menggunakan mobil atau trasnportasi yang lain. Saatnya mencoba transportasi umum bersamanya. Misalnya, menggunakan kereta api, bis umum, dll.
    Selain itu kalau biasanya anda dan pasangan lebih sering mengunjungi mall, waktunya anda untuk menikmati wisata alam dan menikmati udara segarnya. Dengan pergi ke suatu tempat bersama, anda dan pasangan berusaha menjaga kekompakan dengan mengatasi permasalahan atau kendala selama bepergian. Melalui pengalaman ini, nantinya anda pun bisa terus memelihara kekompakan saat mendidik dan mendampingi anak-anak.
  1. Melakukan Hobi Bersama. Tentunya anda dipertemukan dengan pasangan salah satunya karena memiliki kecocokan dalam hal kegemaran suatu aktivitas. Anda bisa membuat kompetisi dengan pasangan saat melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, anda dan pasangan menyukai aktivitas bersepeda, anda bisa membuat kompetisi bersamanya. Dengan melakukan aktivitas ini mengingatkan anda betapa berartinya waktu bersamanya sehingga anda dan pasangan pun timbul rasa saling membutuhkan satu sama lain.
  1. Melakukan Aktivitas Bersama di Rumah. Misalnya, anda bisa memasak makanan favorit anda dan pasangan. Jika selama ini, anda makan makanan favorit di restoran kesayangan anda berdua, sekarang anda dan pasangan bisa berusaha membuatnya sendiri. Melalui kegiatan ini anda bisa membangun kerjasama yang baik dan harmonis dengan pasangan sehingga nantinya bisa di praktekkan ketika anda harus bekerjasama dalam menyelesaikan urusan dalam keluarga. Selain memasak makanan favorit anda, anda bisa mengajak pasangan untuk menata ulang kamar anda sehingga berganti suasana. Anda bisa mengajak pasangan berkomunikasi untuk posisi atau dekorasi dalam menata kamar. Melalui komunikasi tersebut dapat saling mengetahui keinginan masing-masing pasangan.
Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan
Sumber: flickr.com
  1. Melakukan Kegiatan Religi Bersama. Jika anda dan pasangan selama ini disibukkan dengan aktivitas masing-masing sehingga lama tidak beribadah bersama. Di saat waktu luang, jadikanlah kesempatan tersebut untuk beribadah dan berdoa bersamanya. Paling tidak dengan beribadah bersama, anda dan pasangan mengingat ketika anda dipersatukan oleh Tuhan kemudian diberikan amanah seorang anak untuk dijaga sehingga mendorong anda dan pasangan untuk selalu memperbaiki diri dan memelihara kekompakan tersebut.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan “quality time” dengan pasangan. Tinggal anda dan pasangan untuk memilih dan menentukan aktivitas yang menjadi kesenangan berdua.

2 tanggapan untuk “Menciptakan “Quality Time” Dengan Pasangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 5 =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia