Mengembangkan kreatifitas anak melalui permainan

Conditions for creativity are to be puzzled; to concentrate; to accept conflict and tension; to be born every day; to feel a sense of self.” — Erich Fromm

Ayah Bunda mana sih yang tidak mau anaknya menjadi anak yang kreatif? Anak-anak yang dalam usia mereka, secara mengemaskan tentunya, melakukan sesuatu yang sederhana namun begitu luar biasa bagi orang-orang dewasa?

Pernahkah kita menemui seorang masinis kecil sedang berusaha memastikan kereta bantal guling nya berjalan sempurna di rel yang berbukit dengan membawa penuh penumpang? Atau Kondektur kecil yang merangkap sebagai supir, sedang berusaha menerobos kerumunan gurita dan ikan dengan bis bantal kedap udaranya?

Jika anda tersenyum, berarti anda juga telah menemui dunia-dunia kecil yang penuh dengan kemungkinan. Dunia tanpa batas, dimana pemain dan pencipta diijinkan untuk menjadi satu. Dunia yang tidak akan terlewatkan pada setiap anak.

Mengembangkan kreatifitas anak melalui permainan

Dunia imajinasi ini adalah bagian dari kreativitas anak. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya pola kreativitas ini menjadi dukungan positif bagi tumbuh kembang anak? Pesawat diciptakan dari imajinasi, manusia mampu menjelajah angkasa, juga diciptakan dari imajinasi. Dan imajinasi tumbuh dari anak yang kreatif.`

Imajinasi dapat tercipta dari kegiatan yang dilakukan anak sehari-hari. Jika orangtua mampu memberikan lingkungan yang mendukung, bukan tidak mungkin anak menghasilkan penemuan-penemuan mutakhir di usia yang amat muda.

Untuk membantu anak melatih otak dan mengembangkan kecerdasan kreatif nya, orangtua dapat mengajak anak dalam sebuah permainan kerjasama yang sederhana namun syarat makna. Seperti yang dikatakan Tony Buzan dalam buku Head FirstLearning how to learn is life’s most important skill.

Learning how to learn is life’s most important skill.

 

 

 

Mengembangkan kreatifitas anak melalui permainan.

Ayah Bunda dapat mencoba permainan ini dirumah, caranya: pertama-tama permainan ini dapat dimulai dengan mengajak anak berkhayal bersama. Ajak anak untuk mencurahkan seluruh imajinasi mereka, buat coretan dan ajak mereka bercanda, untuk menambah semangat mereka. [ideabox]

Hal diatas berguna untuk meningkatkan percaya diri anak terhadap ide yang mereka berikan, melatih kemampuan mereka berkomunikasi dan memvisualkan ide mereka, dan membantu mereka untuk lebih banyak memiliki ide.

[/ideabox] Kemudian, ajak anak memilih salah satu imajinasi yang paling mereka sukai. Tanyakan kepada mereka sebanyak mungkin pendapat mereka mengenai imajinasi tersebut. Biarkan mereka semakin detail bercerita dan bermain. [ideabox]

Hal diatas berguna untuk melatih daya nalar dan kemampuan memberikan solusi, juga berguna untuk melatih emosi mereka dalam bertindak.

[/ideabox] Temani mereka bermain, lalu, untuk menutup permainan ajak mereka untuk mengulangi cerita tersebut. Tentu tidak harus dengan bercerita lagi, namun dapat melalui gambar. Ajak mereka menggambar apa yang telah mereka lakukan sebelumnya, orang tua dapat mendampingi dengan terus memberikan stimulasi positif, seperti pujian. [ideabox]

 Hal diatas bertujuan untuk meningkatkan sensitivitas mereka terhadap rangsangan warna dan membantu logika mereka untuk berpikir melalui gambar. Dalam tahap ini, orang tua dapat memberikan nilai-nilai positif atau nasihat, karena anak akan lebih mudah mengingat sesuatu yang mereka lihat secara visual dan langsung mereka rasakan.

[/ideabox]

Permainan kreatif ini cukup sederhana, dan dapat di modifikasi sesuai keinginan. Aktivitas ini dapat dilakukan berulang kali dan tidak terbatas waktu. Selain mengasah kreativitas anak, dapat pula menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan dan mendekatkan satu sama lain. Jadi anda sudah siap bermain?

[sstoggles] [sstoggle title=”Mau tahu caranya bermain?”]Sebelum bermain bersama anak, mari kita coba bersama. Sederhana saja, sekarang kita berkhayal sedang berada di sebuah galeri lukisan yang besar. Banyak warna, banyak pelukis, banyak alat-alat lukis. Nah, lalu diatas sebuah meja besar ada seperangkat alat lukis krayon, coba Ayah Bunda sebutkan sebanyak-banyaknya manfaat alat lukis karyon? Coba sebutkan lebih dari 20 ya…

Mau tahu penjelasannya? Coba klik disini!

[/sstoggle]  [/sstoggles]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia