Mengenalkan warna pada anak

Dunia ini adalah dunia yang penuh warna, dalam arti yang sebenarnya maupun arti kiasan. Merah, biru, kuning dan segala warna turunannya dapat dilihat dimanapun berada. Langit yang biru, tomat yang merah merona, dan dedaunan yang hijau dapat dilihat dalam keseharian kita. Warna-warna tersebut membuat suasana hati juga ikut berwarna, senang maupun sedih.

Mengenalkan warna pada anak
Sumber: antara.com

Anak-anak menyukai keceriaan, dengan mereka mengenal beragam warna pastinya akan menambah keceriaan mereka. Anak-anak akan melihat lingkungan sekitar dengan cakrawala yang lebih luas, sehingga menumbuhkan keingintahuan yang besar untuk mengeskplorasi dunianya.  Selain itu, melalui  warna, anak-anak dapat belajar berbagai hal yang lain misalnya mempermudah pengenalan dan pengelompokan bentuk, melatih kemampuan motorik melalui mewarnai gambar, dan dapat juga digunakan sebagai media ekspresi emosi dan melatih kreativitas.

Para orangtua biasanya sudah memiliki cara-cara yang khas untuk melatih anaknya mengenal warna. Berikut bisa menjadi tambahan alternatif cara untuk membuat anak berkreasi dalam warna.

  1. Memberikan media eksplorasi untuk bermain warna.

    Memberikan satu ruang di dinding rumah sebagai ajang kreasi anak tentu akan sangat mengenangkan bagi mereka. Mereka bebas membubuhkan berbagai hal di dinding tersebut. Anak-anak memiliki kreasi yang tak terbatas, entah itu hanya garis atau corat-coret tak bermakna apabila dilihat orang dewasa, akan tetapi itu awal dari kebebasan mereka berekspresi. Sediakan fasilitas berupa pewarna makanan atau crayon agar kreasi mereka lebih beragam dan menarik. Sebagai orangtua, anda cukup mendampingi mereka dan mengenalkan warna-warna yang telah mereka pilih.
    Selain mengenalkan warna kepada anak, kegiatan ini dapat pula digunakan untuk melatih kemampuan motorik halus anak melalui gerakan tangan yang sederhana. Selain kreativitas dalam gambar, anak pun dapat dibimbing untuk meningkatkan kreativitas dalam berkomunikasi melalui pembicaraan yang hangat dengan orangtua.
  1. Melakukan permainan tantangan warna
    Dalam keseharian, anak terpapar banyak warna, ungu untuk baju bunda, kuning untuk piring makan, abu-abu untuk mobil ayah, atau oranye untuk warna jeruk. Warna-warna yang ada di sekitar anak, banyak yang dihasilkan dari perpaduan antar warna. Untuk menambah keceriaan anak, memberikan tantangan perpaduan warna sepertinya akan menjadi permainan yang menarik.
    Berikan anak warna primer, dan minta mereka untuk menemukan warna-warna lain dari pencampuran warna tersebut. dengan begitu, anak akan semakin banyak mengenal warna dan tentu akan menambah wawasan mereka.
Mengenalkan warna pada anak
Sumber: flickr.com
    Melalui pencampuran warna ini, anak mulai belajar untuk mendapatkan sesuatu secara cepat dan instan, ada proses yang harus dilalui untuk mendapatkan keindahan. Peran orangtua adalah memberikan pengertian pada apa yang telah dilakukan oleh anak.
  1. Mencari pelangi
    Warna-warna adalah pembiasan dari cahaya putih yang terkena sinar matahari. Membiaskan warna putih bersama anak tentu akan memberikan pengetahuan yang sangat menarik bagi anak. Seperti pelangi, anak-anak akan belajar lebih banyak warna dari kehidupannya. Siapkan gelas yang berisi air, kemudian ajak anak melihatnya di bawah sinar matahari, dan tanyakan kepada mereka apa yang terjadi pada gelas tersebut.
    Pelangi adalah ciptakan Tuhan, anak-anak selain belajar mengenal warna, mereka juga belajar mengenal keagungan ciptakan Tuhan dalam kehidupannya sehari-hari. Dalam gelas kecil yang bening ada banyak warna, tentu di dunia ciptaan Tuhan yang lebih luas pun aka nada semakin banyak warna yang bisa dilihat.
  1. Mengkombinasi warna dalam kehidupan
    Kombinasi warna ini dapat dilakukan dalam pemilihan warna baju yang akan dipakai oleh anak. Ajak anak untuk memadu-padankan baju yang akan dikenakan. Apakah warna kuning cocok dengan warna ungu, demikian juga warna-warna yang lain.
    Melalui kegiatan intim anak mengenal keberagaman, bahwa tidak semua harus sama satu dan dengan yang lain. Anak belajar untuk menghormati orang lain dalam menentukan pilihannya. Termasuk memberikan pelajaran pula untuk orangtua bahwa anak memiliki keinginannya sendiri, salah satunya adalah memilih warna baju yang akan dipakainya.
Mengenalkan warna pada anak
Sumber: http://arieharjanoviar.blogspot.com/

Tentu masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenal dan mengajarkan anak-anak tentang warna-warna. Pilihan ada pada diri kita sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eight =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia