Jenuh, cara survive dari depresi?

NTA bertanya 5 bulan yang lalu

 
Tahun lalu sy pernah konsul ke psikiater dan sempat menkonsumsi obat anti depresan. namun saya sudahi dikarenakan faktor biaya. sy tdi ikut tes online dan hasilnya mengalami depresi parah.
Jdi gini semakin lama hidup semakin jenuh, seperti merasa bersalah dan sekarang ini gampang emosi,baper,terlalu banyak tidur. sy seperti punya bnyak masalah tapi gak tau masalahnya apa aja, sya ini gak bisa cerita ke orang terdekat karna saya takut mendapat respon negatif. sy jga pelaku self harm sampai sekarang, namun lg usaha buat nahan emosinya. jd gmna ya cara survive tanpa bantuan obat? motivasi apa yg harus sya cari untuk bangkit dengan keinginan sendiri? saya udh lelah mumet banget kepala
 

1 Jawaban
Wara Rahmawati, M.Psi, PsiWara Rahmawati, M.Psi, Psi Staff dijawab 5 bulan yang lalu

Hallo,
Kondisi pikiran dan perasaan yang tidak menentu memang terkadang menyebalkan dan membuat kita merasa tidak berdaya harus bagaimana sampai akhirnya membuat ketidaknyamanan yang mengganggu.
Untuk dapat mengelola pikiran dan perasaan agar lebih berguna secara positif, maka terbukalah untuk mendiskusikan dari hal-hal sepele sampai hal-hal yang rumit kepada siapa saja. Oleh karenanya, perbanyaklah pertemanan secara nyata, misalnya dengan mengikuti klub olahraga, kegiatan-kegiatan sosial menjadi volunteer, atau  klub-klub yang sesuai dengan hobi.
Semakin banyak teman, akan semakin membuka wawasan anda sehingga pikiran anda tidak terfokus pada hal-hal negatif yang membuat anda jenuh. Hal tersebut juga akan memotivasi anda untuk melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya.
Dan jika anda perlu program secara terencana, maka akan lebih baik jika konsultasikan kondisi anda dengan tenaga profesional seperti psikolog atau konselor, untuk penanganan tanpa terapi obat.
Semangat, perbanyaklah tersenyum pada dunia!

Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia