Emosional tidak terkontrol

Ricky Anwar Saputra ditanya 9 bulan yang lalu

Dok nama saya Ricky Anwar Saputra, dok saya binggung kenapa saya sekarang mudah emosi dengan pacar saya, saya selalu mengatur dan melarang pacar saya, saya cinta banget dok, sayang banget. cuman dampak dari itu saya jadi orang yang cemburuan, marah bahkan bbrapa minggu terakhir saya membentak pacar saya… saya binggung dok sekarang, apakah saya harus menjauh dari dari pasangan saya?…..
Saya sangat mencintainya, dan saya selalu berharap dia bisa memperhatikan saya.

1 jawaban
Wara Rahmawati, M.Psi, Psi Staff dijawab 9 bulan yang lalu

Hallo RIcky,
Anda pasti sangat banget ya sama pacar. Emosian dan cemburuan akan bisa menjadi masalah dalam hubungan apabila tidak dikelola dengan baik.
Ada baiknya, Anda mencoba untuk lebih banyak mendengarkan pasangan dengan penuh empati dan sayang. TIdak hanya mendengar apa yang ia kata saja, namun juga memahami dan mengerti dengan tepat maksudnya. Memberinya kesempatan bicara akan membuat Anda semakin mengenal dan mengertinya sehingga bisa lebih mendekatkan diri.
Apabila anda mengerti dan memahami bagaimana pasangan, tentu ia akan memberikan perhatian dan pengertian karena anda memberinya kesempatan untuk melakukannya.
Mencoba sabar, tenang, dan saling belajar untuk bersikap dewasa serta bijaksana bisa menjadi langkah awal untuk mempererat hubungan. Selamat mencoba.