Pengasuhan oleh babbysitter

NN ditanya 10 bulan yang lalu

Bu, saya wanita karir. Punya anak dua, dan suami juga bekerja. Anak pertama diasuh nenek, namun karena beliau sudah meninggal, anak kedua kami asuh dengan babbysitter. Yang saya tanyakan, baikkah saya menggunakan babysiter? Karena jujur, saya khawatir dengan berita kriminal mengenai babysitter.
Terima kasih atas perhatiannya

1 jawaban
Wara Rahmawati, M.Psi, Psi Staff dijawab 10 bulan yang lalu

hallo ibu…
terimakasih atas pertanyaannya, senang sekali pasti memiliki dua anak yang pasti membahagiakan keluarga, dan betapa repotnya apabila tidak ada yang membantu mengasuh.
pengasuhan anak pada dasarnya adalah kewajiban orangtua, termasuk mendidik dan memfasilitasi tumbuh kembangnya. namun seiring dengan banyaknya aktivitas orangtua dalam bekerja, tentunya dibutuhkan tenaga untuk membantu mengasuh anak, diantaranya dibantu oleh nenek/kakek dan jasa pengasuh profesional atau baby sitter.
tidak ada salahnya memakai jasa baby sitter, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (ibu dapat membaca di artikel Memberdayakan ART atau komentar pada artikel Melatih Keberanian dan Kemandirian Anak), secara garis besar adalah sebagai berikut
1. Orangtua adalah orang pertama yang berkewajiban merawat anak, asisten sifatnya hanya membantu.
2. Asisten adalah kepanjangan tangan orangtua dalam menyampaikan nilai-nilai keluarga pada anak termasuk nilai kemandirian.
3. Orangtua tetap berkewajiban memberikan anak tanggungjawab kepada anak walaupun ada asisten.
Semoga dapat menjadi informasi tambahan yang berguna.