Tips Keuangan Untuk Kelahiran Si Buah Hati

Mengetahui diri kita atau pasangan kita hamil memang hal sangat sangat menggembirakan. Apalagi kalau kehamilan itu sangat ditunggu tunggu. Tetapi sambutan atas kehamilan tidak cukup hanya dengan euforia kebahagian,ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Berikut beberapa, tips keuangan untuk kelahiran si buah hati.

Tips Keuangan Untuk Kelahiran Si Buah Hati
Sumber: solopos.com
[ideabox]
  • Yang utama dan pertama adalah menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Makanan yang bergizi,lingkungan fisik dan psikis yang secara positif mendukung proses kehamilan mutlak diperlukan berjalan lancar
  • Patuhilah jadwal untuk konsultasi ke dokter kandungan atau bidan yang telah mantap dipilih untuk mengawal kehamilan sampai dengan persalinan.
  • Galilah informasi sebanyak banyaknya tentang kehamilan,persalinan dan perkembangan bayi. Informasi ini bisa anda dapatkan dari dokter,bidan atau media informasi lainnya seperti situs-situs terpercaya di internet yg menyediakan informasi tersebut.
  • Rencanakan persalinan anda,tetapkanlah rumah sakit/klinik bersalin yang akan mendukung persalinan anda. Carilah informasi mengenai fasilitas yang mendukung dan yang tak kalah penting biaya persalinan, baik secara spontan maupun caesar. Buatlah janji atau bookinglah kelas yg anda pilih pada hari perkiraan lahir apabila rumah sakit menyediakan fasilitas tersebut.
  • Mulailah mengatur keuangan untuk biaya persalinan. Tetapkanlah apakah akan mengikuti asuransi kesehatan atau menabung secara mandiri.
[/ideabox]

Apabila anda telah bergabung dengan asuransi kesehatan,sangat dianjurkan untuk mengetahui secara detail apa saja yg tertanggung asuransi selama kehamilan, persalinan dan pasca persalinan.

Apabila belum bergabung dengan asuransi kesehatan,pilihlah asuransi dengan premi yg sesuai dengan kondisi keuangan anda namun menanggung biaya utama dalam persalinan.

Apabila anda memutuskan menabung secara mandiri,targetkanlah nominal untuk perkiraan kelahiran secara caesar,karena proses ini membutuhkan biaya yang relatif besar.

Dengan mengetahui seberapa besar anda bisa menabung atau berapa yg tertanggung asuransi  maka anda dapat merencanakan persalinan spontan/operasi caesar dan rawat inap dikelas berapa yang dapat anda peroleh.
Persiapkanlah peralatan dan perlengkapan bayi seperlunya,berdasarkan skala prioritas kegunaannya. Hindari membeli karena merasa itu lucu,imut dan bagus namun mempunyai umur manfaat  yang hanya sebentar dan bukan kebutuhan utama.

Rencanakanlah secara seksama atas kehamilan dan kelahiran anak-anak kita, karena mereka merupakan tamu agung dalam kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 6 =


Dapatkan info terbaru!

Selalu terhubung dengan kami, untuk mendapatkan informasi paling baru mengenai media eksplorasi untuk anda, anak dan keluarga.
Alamat Email
Aman dan Rahasia