Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer merupakan media publikasi ilmiah yang berisi hasil penelitian/gagasan inovatif, dengan tema Psikologi Populer atau tema perilaku yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Indeksasi:

ISSN

p-ISSN 2656-8225 (Cetak)

Melalui SK Penerbitan ISSN no. 2656-8225, dengan SK no. 0005.26568225/JI.3.1/SK.ISSN/2019.04, Pusat Nasional ISSN (International Standard Serial Number) untuk Indonesia yang berpusat di Paris, memberikan ISSN (International Standard Serial Number) kepada terbitan berkala di bawah ini :

  1. Judul : Buletin Jagaddhita : Artikel Psikologi Populer
  2. ISSN : 2656-8225 (Cetak)
  3. Mulai edisi : Vol. 1, No. 3, April 2019
  4. Penerbit : Lembaga Psikologi Jagaddhita
  5. Kon firmasi atas keabsahan nomor ISSN ini bisa dilakukan dengan melihat kesesuaiannya dengan nomor registrasi 1555248971 di situs
    ISSN Online (http://u.lipi.go.id/1555248971).

e-ISSN 2656-0089 (Online)

Melalui SK Penerbitan ISSN no. 2656-0089, dengan SK no. 0005.26560089/JI.3.1/SK.ISSN/2019.02, Pusat Nasional ISSN (International Standard Serial Number) untuk Indonesia yang berpusat di Paris, memberikan ISSN (International Standard Serial Number) kepada terbitan berkala di bawah ini :

  1. Judul : Buletin Jagaddhita : Artikel Psikologi Populer
  2. ISSN : 2656-0089 (media online)
  3. Mulai edisi : Vol. 1, No. 1, Februari 2019
  4. Penerbit : Lembaga Psikologi Jagaddhita
  5. Kon firmasi atas keabsahan nomor ISSN ini bisa dilakukan dengan melihat kesesuaiannya dengan nomor registrasi 1548829455 di situs
    ISSN Online (http://u.lipi.go.id/1548829455).

Kebijakan Etika Publikasi

Tugas Penerbit

  1. Lembaga Psikologi Jagaddhita sebagai penerbit Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan kualitas terbitan mengacu pada standar penerbitan artikel dan jurnal ilmiah yang ada.
  2. Bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editor.

Tugas Editor/Penyunting

  1. Keputusan Publikasi; Editor/Penyunting Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer bertanggung jawab untuk memutuskan naskah tulisan/artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil ulasan yang dilakukan mitra bestari. Para editor dapat berunding dengan mitra bestari dalam membuat keputusan ini.
  2. Prinsip Keadilan; Editor/Penyunting mengevaluasi naskah tulisan/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.
  3. Bidang Keilmuan; Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus keilmuan Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer. Tanggapan dari para mitra bestari akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu naskah tulisan/artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
  4. Penolakan: Suatu naskah tulisan/artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya dikarenakan ketidaksesuaian dengan ruang lingkup ilmu psikologi, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan/artikel ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar yang logis.
  5. Waktu Terbit; Urutan penerbitan disesuaikan dengan urutan masuknya naskah tulisan/artikel dan revisi naskah tulisan/artikel kepada tim redaksi.
  6. Kerahasiaan; Editor/Penyunting tidak harus mengungkapkan informasi apapun tentang naskah tulisan/artikel yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari.
  7. Konflik kepentingan; Bahan yang tidak dipublikasikan namun diungkapkan dalam naskah tulisan/artikel tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Penulis

  1. Naskah; Penulis menuliskan naskah tulisan/artikel berdasarkan ide, pengalaman, atau laporan penelitian asli yang akurat.
  2. Daftar Pustaka; Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah tulisan/artikel sesuai kaidah penulisan ilmiah, dalam bentuk daftar pustaka berdasarkan American Psychological Association (APA) 6th edition.
  3. Pagiarisme; Penulis harus memastikan bahwa naskah tulisan/artikel yang ditulis bebas plagiarisme.
  4. Publikasi; Penulis dapat memastikan bahwa naskah tulisan/artikel yang dikirimkan pada Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer belum pernah dimuat di media lain dengan judul yang sama dan/atau diajukan ke terbitan lain dengan judul yang sama.
  5. Posisi; Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan naskah tulisan/artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
  6. Kode etik; Penulis memastikan bahwa tulisan dibuat sesuai kerangka tulisan ilmiah.
  7. Kesalahan; Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskah tulisan/artikelnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.

Tinjauan Naskah

Adopsi

Tinjauan naskah mengadopsi proses Editor Review. Seluruh naskah yang diterima akan diberikan kepada editor untuk diulas secara tertutup (blind review). Tinjauan yang dilakukan meliputi:

  1. Kesesuaian tema dengan Buletin Jagaddhita.
  2. Ejaan, tanda baca dan tanda hubung.
  3. Kebaruan dan validitas daftar pustaka yang digunakan.
  4. Plagiasi dan pengutipan sumber.

Proses Tinjauan

  1. Naskah diterima oleh koordinator buletin melalui jagaddhita.org/kirimnaskah/ atau email [email protected].
  2. Koordinator mendistribusikan naskah ke editor dengan metode blind review (editor tidak diberitahukan nama penulis dan asal institusi, untuk menjaga objektivitas).
  3. Editor akan memberikan tanggapan, apakah naskah layak terbit, layak terbit dengan revisi atau tidak layak terbit.
    1. Naskah layak terbit akan masuk dalam proses penerbitan selanjutnya.
    2. Naskah layak terbit dengan revisi akan dikembalikan kepada penulis untuk dilakukan revisi hingga naskah tersebut layak terbit.
    3. Naskah tidak layak terbit akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki, sesuai catatan editor, agar dapat dikirimkan kembali ke jagaddhita.org ketika telah siap.
  4. Naskah layak terbit akan diberikan kepada kordinator dan tim publikasi untuk dilakukan proof reading, lay out, dan publikasi.

Naskah Tulisan

Naskah Tulisan

  1. Setiap naskah memiliki jumlah minimal 500 kata (klik 🔗 disini! untuk tutorial mengetahui jumlah kata), diluar daftar pustaka.
  2. Memiliki daftar pustaka dari minimal 3 sumber buku atau jurnal.
  3. Bukan hasil plagiasi. Seluruh naskah akan diproses dengan software plagiasi. JIka ditemukan plagiasi, naskah Anda akan ditolak secara otomatis.
  4. Tidak pernah diterbitkan di media lain, dengan menggunakan judul yang sama.
  5. Mengandung tema mengenai perilaku (tema psikologi populer).
  6. Setiap naskah wajib mencatumkan:
    • Nama Penulis, disertai titel dan gelar. Redaksi tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan penulisan titel dan gelar.
    • Institusi/lembaga asal penulis.
  7. Isi tulisan merupakan tanggung jawab penuh dari penulis. Redaksi tidak melakukan perubahan terhadap isi, kecuali suntingan terhadap tata cara penulisan sesuai EYD.
  8. Isi tulisan menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya. Redaksi melepaskan tanggung jawab dan tuntutan yang mungkin terjadi. Dengan mengirimkan naskah tulisan ke redaksi Buletin Jagaddhita, penulis telah memahami dan menyetujui seluruh persayaratan ini, tanpa terkecuali.
  9. Naskah diketik (dalam format .doc/.docx/.txt) dan dikirimkan melalui 🔗 laman Kirim Naskah Tulisan.

Kebijakan Plagiasi

  1. Naskah harus merupakan naskah asli dari penulis (bukan plagiasi), dan belum diterbitkan sebelumnya di media lain dengan judul yang sama dan/atau diajukan ke terbitan lain dengan judul yang sama..
  2. Setiap naskah yang masuk akan melewati proses cek plagiasi dengan menggunakan software plagiarism checkerHasil cek akan berupa:
    1. Plagiasi Minor: Skor total kesamaan kata dengan sumber lain < 50%. Naskah akan dikembalikan untuk diperbaiki.
    2. Plagiasi Mayor: Skor total kesamaan kata dengan sumber lain ≥ 50%. Naskah akan ditolak, dan penulis diberikan kesempatan untuk mengirimkan naskah baru.
  3. Jika ditemukan kemungkinan plagiasi mayor pada naskah sebelum diterbitkan, maka redaksi berhak menolak menerbitkan naskah. Jika plagiasi mayor ditemukan setelah naskah terbit pada buletin, maka redaksi berhak menurunkan tulisan tanpa memiliki kewajiban memberikan informasi kepada penulis.

Kirim Naskah Tulisan

  1. Anda harus mendaftar sebagai anggota (selengkapnya baca di bagian keanggotaan) untuk dapat menerbitkan tulisan di Buletin Jagaddhita.
  2. Naskah diketik (dalam format .doc/.docx/.txt) dan dikirimkan melalui 🔗 laman Kirim Naskah Tulisan
  3. .Perhatikan syarat yang ada di poin naskah tulisan untuk menghindari naskah tulisan Anda tidak dapat terbit.
  4. Setelah naskah tulisan dikirim, koordinator Buletin Jagaddhita akan menghubungi Anda kembali untuk menginformasikan waktu terbit.
  5. Setelah mendapatkan waktu terbit, proses selanjutnya adalah menunggu. Koordinator Buletin Jagaddhita akan menghubungi Anda kembali, jika naskah Anda telah terbit.
  6. Jika Anda membutuhkan salinan terbitan buletin (dalam bentuk pdf), silahkan hubungi [email protected].
  7. Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan pertanyaan ke [email protected].

Hak Cipta

Hak Cipta

Hak cipta karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer sepenuhnya milik penulis. Lembaga Jagaddhita hanya sebatas penerbit, dan tidak bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkaitan dengan hak cipta naskah tulisan.

Lisensi

Atribusi Berbagi Serupa

Lisensi CC BY-SA

Atribusi-Berbagi Serupa

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi “copyleft” pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.

Lisensi Ringkas | Lisensi Lengkap

Indeksasi

Indeksasi

Buletin Jagaddhita menggunakan manajemen jurnal neliti dan sudah terindeks oleh Google Search, BASE, Indonesia One Search (IOS) Perpusnas, Worldcat, juga tervalidasi oleh openaire.

Manajemen bibliografi yang digunakan adalah mendeley dan zotero.

Open Access

Open Access

Buletin Jagaddhita mendukung Akses Terbuka atau Open access (OA), yaitu seluruh publikasi artikel secara digital yang diterbitkan oleh Buletin Jagaddhita dapat diakses oleh siapapun tanpa penambahan biaya dan bebas digunakan dengan syarat dan ketentuan berlaku (Atribusi-Berbagi Serupa).

Biaya

Biaya Publikasi

Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer tidak membebankan biaya penerbitan dan publikasi kepada penulis:

  1. Pengajuan Artikel (Article Submission): 0,00 (IDR)
  2. Ulasan Jalur Cepat (Fast-Track Review): 0,00 (IDR)
  3. Publikasi Artikel (Article Publication): 0,00 (IDR)

Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer membutuhkan dukungan untuk operasional dan pengelolaan Publikasi, melalui:

  1. Biaya Keanggotaan (membership): Rp. 100.000,- per tahun (biaya berbeda untuk universitas dan instutisi/lembaga, hubungi [email protected] untuk detail pengajuan).
  2. Biaya DOI: Rp. 25.000,- per satu link artikel yang diterbitkan di Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer, tanpa biaya tahunan.
  3. Biaya cetak: harga berlaku sesuai pemesanan (On Print Demand/ODP). Hubungi [email protected] untuk detail informasi.
  4. Donasi/hibah/bantuan: Nilai ditentukan oleh pemberi donasi/hibah/bantuan (hubungi [email protected] untuk memberikan donasi/hibah/bantuan).

Publikasi

Fokus dan Ruang Lingkup

Hasil penelitian/gagasan inovatif yang dapat dipublikasikan oleh Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer adalah mencakup, namun tidak hanya terbatas, pada tema Psikologi Populer atau tema perilaku yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Bahasa Penerbitan

Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Frekuensi Penerbitan

Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer diterbitkan setiap satu bulan sekali, pada minggu kedua setiap bulannya atau 12 (dua belas) kali setiap tahunnya.

Semua naskah tulisan harus diterima oleh redaksi Buletin Jagaddhita paling lambat pada tanggal 23 setiap bulannya, untuk dapat diterbitkan pada edisi bulan berikutnya. Rujuk ke Poin Artikel Ilmiah untuk penjelasan lebih detail.

Keluhan

Keluhan

Keluhan, kritik, saran dan pertanyaan dapat dikirimkan via email ke [email protected]

Bantuan

Kontak

Untuk pertanyaan dan informasi dapat menghubungi kami di:

✉ Email : [email protected]

☍ Web : hubungi.jagaddhita.org

✆ WhatsApp : +62 852-1499-6265 / Klik disini!