Publikasi Tulisan Ilmiah Populer Untuk Guru

Guru adalah bagian penting dalam proses pendidikan, karena proses belajar mengajar akan lengkap dengan hadirnya guru. Guru memiliki peran dan tugas penting yaitu memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada siswa agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya secara tepat.

Menilik pentingnya peran tersebut, maka guru perlu mengembangkan kompetensinya agar kemampuan yang dimiliki dapat sejalan dengan kebutuhan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia yang juga terus berubah. Salah satu kemampuan guru yang perlu dimiliki dalam pengembangan kompetensi tersebut adalah kemampuannya untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan ilmiah, terutama tulisan ilmiah yang dipublikasikan.

Tulisan Ilmiah Populer Dalam Publikasi Hasil Penelitian/Gagasan Inovatif

Publikasi ilmiah (Kemendikbud, 2016) adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan atau disebarluaskan kepada masyarakat. Ada tiga bentuk publikasi yang dapat dilakukan, yaitu presentasi pada forum ilmiah, publikasi buku dan publikasi hasil penelitian/gagasan inovatif.

Salah satu contoh publikasi hasil penelitian/gagasan inovatif guru adalah tulisan ilmiah populer (Kemendikbud, 2016), yaitu tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa. Tulisan ilmiah ini dapat berupa ide ataupun gagasan pengalaman guru selama bertugas melakukan proses pendidikan.

Ide ataupun gagasan pengalaman tersebut dapat berkaitan dengan proses belajar pada bidang studi tertentu, pengetahuan yang terkait dengan pendidikan ataupun  pengembangan kompetensi para guru. Adapun mengenai tema dan bentuk tulisan dapat disesuaikan dengan tema media yang mempublikasikan tulisan tersebut.

Ada tiga bentuk media massa dewasa ini (Cangara, 2010), yaitu media cetak, media elektronik dan media internet (online). Dari ketiga bentuk media massa tersebut, media internet (online) adalah media publikasi yang paling mudah digunakan dan sangat berkembang saat ini karena dapat menjangkau masyarakat pembaca secara luas.

Publikasi di Buletin Jagaddhita

Buletin jagaddhita: Artikel Psikologi Populer merupakan media massa internet (online) yang melakukan publikasi artikel ilmiah populer secara berkala, setiap minggu ke dua pada tiap bulannya. Publikasi ini juga telah memiliki Electronic – International Standard Serial Number (e-ISSN), yaitu nomor unik yang digunakan untuk identifikasi publikasi berkala media elektronik, yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia- Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII-LIPI).

Buletin Jagaddhita fokus pada publikasi artikel dengan tema psikologi populer dan terbuka menerima tulisan ilmiah populer dari rekan-rekan lintas profesi, tanpa harus menjadi seorang psikolog terlebih dahulu, termasuk salah satunya dari profesi guru.

Pada Buletin Jagaddhita: Artikel Psikologi Populer, guru dapat menerbitkan tema tulisan yang berhubungan dengan perilaku, metode dan pendekatan pembelajaran, dan proses belajar mengajar itu sendiri.

Dibawah ini adalah beberapa tema yang dapat dijadikan acuan dalam publikasi di Buletin Jagaddhita, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk tema-tema lainnya:

  1. Perilaku
    1. Mengenal kemampuan siswa dalam belajar individu ataupun kelompok.
    2. Motivasi siswa dalam belajar.
    3. Mendidik siswa agar disiplin dalam belajar.
    4. Memahami kapasitas siswa dalam memasuki dunia universitas.
    5. Kenakalan remaja.
    6. Mengenali stres dan depresi pada siswa.
  2. Metode dan pendekatan pembelajaran
    1. Metode menjelakan yang tepat dalam belajar, sesuai bidang studi.
    2. Pendekatan belajar sesuai minat siswa.
    3. Penggunaan aplikasi digital dalam pembelajaran.
    4. Metode belajar kreatif dan inovatif dengan menggunakan peraga maupun media lainnya.
    5. Penerapan metode bermain peran, montessori, visual-memori, jembatan keledai dan lainya dalam kegiatan belajar mengajar.
  3. Proses belajar mengajar
    1. Memahami kecemasan dalam belajar.
    2. Belajar dengan metode tatap muka melalui video dan internet.
    3. Keterbukaan guru dalam menanggapi pertanyaan siswa.
    4. Proses belajar yang tepat untuk siswa dengan karakteristik tertentu dan berkebutuhan khusus.
    5. Penggunaan alat belajar yang interaktif.
    6. Ice breaking untuk mengatasi kejenuhan dalam proses belajar.

Untuk mendorong bentuk ilmiah dari setiap artikel publikasi, Buletin Jagaddhita bekerjasama dengan tim penyunting (editor) yang berasal dari beragam latar belakang keilmuan dan pekerjaan. Kerjasama tersebut dimaksudkan menjaga kualitas dari terbitan tulisan ilmiah populer Buletin Jagaddhita.

Tidak hanya berhenti disitu, Buletin Jagaddhita juga akan terus berkembang agar dapat terindeks oleh layanan-layanan akademis, baik nasional ataupun internasional. Indeks tersebut diharapkan dapat mendorong penulis menjangkau dan berkolaborasi dengan lebih banyak rekan sejawat dari seluruh belahan dunia dalam memberikan jawaban seputar masalah di bidang psikologi populer.

 

Daftar Pustaka

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Kemendikbud. 2016. Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru : Buku 4.

 


Artikel Ilmiah Psikologi Populer ini diterbitkan oleh Buletin Jagaddhita dengan nomor ISSN 2656-0089 (media-online).
Jika Anda ingin menerbitkan artikel ilmiah Anda, silahkan kirim naskah tulisan ke [email protected]

Artikel Psikologi Populer lainnya, yang mungkin Anda cari: